gangstar my life

gangstar my life

Selasa, 15 November 2011

Pengertian Wirausaha

Istilah wirausaha berasal dari entrepreneur (bhs Perancis) yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggeris dengan arti between taker atau go-between.

Joseph Schumpeter, mengatakan entreprenuer atau wirausaha adalah orang yang mendobrag sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa yang baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku baru. Orang tersebut melakukan kegiatannya melalui organisasi bisnis yang baru ataupun bisa pula dilakukan dalam organisasi bisnis yang sudah ada.

Di dalam buku the portable MBA in entrepreneurship disebutkan bahwa wirausaha adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Peter Drucker berkata bahwa wirausaha tidak mencari resiko, melainkan mereka mencari peluang.
Seorang wirausaha yang terkenal dan sukses membangun sebuah bisnis besar, umumnya mereka bukan penanggung resiko, tetapi mereka mencoba mendifinisiakan resiko yang harus mereka hadapi dan meminimalkan resiko tersebut.

Melihat uraian tersebut di atas, adanya pemakaian istilah saling bergantian antara wiraswasta dan wirausaha. Ada pandangan yang menyatakan bahwa wiraswasta sebagai pengganti dari istilah entrepreneur. Ada pula pandangan untuk istilah entrepreneur digunakan wirausaha, sedangkan untuk istilah entrepreneurship digunakan istilah kewirausahaan. Kesimpulannya ialah istilah wiraswasta sama saja dengan wirausaha, walaupun rumusannya berbeda-beda tetapi isi dan karakteristiknya sama. Namun ada perbedaan fokus antara kedua istilah tersebut. Wirausaha lebih fokus pada objek, ada usaha yang mandiri, sedang wiraswasta lebih menekankan pada jiwa, semangat kemudian diaplikasikan dalam segala aspek kehidupan. Contoh para dosen diperguruan tinggi, para birokrat dikantor pemerintahan harus ditanamkan pengetahuan kewiraswastaan agar jiwa dan semangatnya beda. Pegawai negeri tidak perlu berwirausaha, tetapi mereka diharuskan memiliki jawa wiraswasta.            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar