gangstar my life

gangstar my life

Sabtu, 19 November 2011

"Passion" Saja Tak Cukup untuk Sukses!"

Harus diakui membangun bisnis memang tak mudah, jika dibandingkan dengan menjadi seorang pegawai kantoran. Butuh perjuangan yang panjang dan berat untuk memulainya.
"Semua orang yang akan memulai bisnis atau wirausaha pasti akan mengalami jatuh bangun dan perjuangan berat. Namun, itulah proses yang harus dilewati dan suatu saat kita akan puas setelah melihat semuanya berjalan sesuai dengan harapan dan cita-cita kita," ungkap Iim Fahima, CEO perusahaan jasa komunikasi digital, Virus Communication, dalam acara Women In Business Conference 2011di Citywalk Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (11/11/2011) lalu.
Fase berat dan jatuh bangun merintis usaha Virus Communication sudah dilalui Iim. Kini, ia berbagai langkah-langkah dan cara untuk mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis.
Tidak cukup hanya passion. "Bisnis tidak hanya sekadarpassion, tapi juga butuh keahlian dalam suatu bidang. Karena dengan adanya keahlian dan keinginan untuk terus maju dan belajar, secara otomatis kita sudah punya passion di situ," beber perempuan berkerudung ini. Jangan pernah puas dengan ilmu yang Anda miliki, teruslah "lapar" akan ilmu dan keahlian sehingga bisnis Anda bisa berkembang.
Total. Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, jangan pernah setengah hati untuk menjalankannya. Fokuslah dan berjuang dengan total untuk membangunnya. "Jangan berhenti hanya karena dicela orang lain, atau karena sakit atau hal lainnya yang bisa membuat semangat Anda kendur," tambah istri dari Adhitia Sofyan ini tegas. Dalam kamus Iim, "focus on the game" merupakan salah satu hal yang harus dilakukan selagi membangun usaha.
Tetapkan tujuan. Satu hal yang sering dilupakan ketika memulai bisnis adalah adanya tujuan yang pasti dan nyata mengapa Anda ingin mendirikan bisnis ini. "Tujuan saya untuk memenuhi kebutuhan keluarga, menciptakan lapangan kerja untuk menyejahterakan karyawan saya dan keluarga mereka," tukas ibu dari Maleeka Kendra Adhitia ini. Sebisa mungkin buatlah tujuan bisnis Anda agar kesuksesan Anda bermanfaat bagi Anda dan orang lain, jadi tidak semata-mata untuk mencari materi saja.
Siapkan strategi bisnis. Strategi bisnis sangat dibutuhkan untuk mendukung usaha Anda agar berkembang. Terapkan strategi yang masuk akal, dan mudah dilakukan. Tentukan dengan jelas cara promosi apa yang akan dilakukan, dan juga target market dari bisnis Anda.
Menikmati proses. Tak ada kesuksesan yang datang dengan instan, semuanya butuh proses. "Ada saatnya bisnis Anda akan naik, dan ada kalanya juga turun. Namun, itulah nilai seninya. Nikmati saja semua proses itu, dan terus berusaha untuk menjalankan bisnis dengan semangat, jangan sampai menyerah di tengah jalan," beber Iim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar